Rabu, 03 Oktober 2012

Kedudukan Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi

 Era globalisasi yang ditandai dengan arus komunikasi yang begitu dahsyat menuntut para pengambil kebijakan di bidang bahasa bekerja lenih keras untuk lenih menyempurnakan dan meningkatkan semua sector yang berhubungan dengan pembinaan bahasa. Globalisasi akan menyentuh semua aspek kehidupan, termasuk bahasa. Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat penting. Derasnya arus globalisasi di dalam kehidupan kita akan berdampak pula pada perkembangan dan pertumbuhan bahasa sebagai sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan persaingan bebas, baik di bidang politik, ekonomi, maupun komunikasi. Di dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai :
1.     Lambang kebanggan bangsa indonesia.
2.     Lambang identitas nasional.
3.     Alat perhubungan antar warga, antar daerah, antar budaya dan alat yang berfungsi sebagai persatuan berbagai suku bangsa engan latar belakang sosial budaya dan bahsa nya masing-masing kedalam kesatuan bangsa Indonesia.

Didalam kedudukannya dalam bahasa Negara bahsa Indonesia mempunyai fungsi yang sangat penting, yaitu berfungsi sebagai :
1.      Bahasa resmi kenegaraan.
2.    Bahasa pengantar didalam dunia pendidikan.
3.    Alat perhubungan tingkat nasiaonal pada perencanaan suatu pembangunan.
4.    Alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi.


Di dalam sejarahnya, bahasa Indonesia telah berkembang cukup menarik. Bahasa Indonesia yang tadinya hanya merupakan bahasa Melayu dengan pendukung yang kecil telah berkembang menjadi bahasa Indonesia yang besar. Bahasa ini telah menjadi bahasa lebih dari 200 juta rakyat di Nusantara Indonesia. Sebagian besar di antaranya juga telah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pertama. Bahasa Indonesia yang tadinya berkembang dari bahasa Melayu itu telah “menggusur” sejumlah bahasa lokal (etnis) yang kecil. Bahasa Indonesia yang semulanya berasal dari bahasa Melayu itu bahkan juga menggeser danmenggoyahkan bahasa etnis-etnis yang cukup besar, seperti bahasa Jawa dan bahasa Sunda. Bahasa Indonesia telah menjadi bahasa dari masyarakat baru yang bernama masyarakat Indonesia. Di dalam persaingannya untuk merebut pasar kerja, bahasa Indonesia telah mengalahkan bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia. Bahasa Indonesia juga telah tumbuh dan berkembang menjadi bahasa yang modern pula. Oleh karena itu bahasa Indonesia sangat berpengaruh dalam dunia globalisasi.

          Dalam kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi, bahasa Indonesia bukan saja dipakai sebagai alat komunikasi timbal balik antara pemerintah dan masyarakat luas, dan bukan saja dipakai sebagai alat perhubungan antardaerah dan antarsuku, tetapi juga dipakai sebagai alat perhubungan formal pemerintahan dan kegiatan atau peristiwa formal lainnya. Misalnya, surat-menyurat antarinstansi pemerintahan, penataran para pegawai pemerintahan, lokakarya masalah pembangunan nasional, dan surat dari karyawan atau pagawai ke instansi pemerintah.Dalam era globalisasi ini, jati diri bahasa Indonesia merupakan ciri bangsa Indonesia yang perlu terus dipertahankan. Pergaulan antarbangsa memerlukan alat komunikasi yang sederhana, mudah dipahami, dan mampu menyampaikan pikiran yang lengkap. Oleh karena itu, bahasa Indonesia harus bterus dibina dan dikembangkan sedemikian rupa sehingga menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia dalam pergalan antarbangsa pada era globalisasi ini.


Nama : Syarifatus Sa’diah
Kelas : 1DF01
NPM : 57212263

Tidak ada komentar:

Posting Komentar